cara membuat Google Docs

Tiga Cara Membuat Google Docs yang Mudah untuk Pemula

Cara membuat Google Docs juga penting kamu sekalian ketahui. Terutama kamu para pekerja kantoran yang sering menulis artikel, berita, surat, atau sejenisnya untuk dikirimkan secara online kepada orang lain.

Google Docs menjadi salah satu alternatif pilihannya karena mudah, praktis, dan akurat untuk diaplikasikan sehari-hari. Apalagi kamu pengguna gadget berbasis Android biasanya sudah ada aplikasi bawaan Google di dalamnya.

Namun jika belum ada, kamu dapat mengunduh dan menginstal aplikasinya di gadgetnya secara gratis dan mudah. Selanjutnya, cara membuat Google Docs harus kamu ketahui terlebih dulu agar bisa menggunakannya dengan tepat.

Mengenal Cara Membuat Google Docs yang Mudah

Ada beberapa cara yang perlu kamu ketahui untuk membuat Google Docs yang mudah dan praktis. Semuanya perlu diketahui agar kamu bisa mempraktikkannya satu per satu. Jika satu cara mungkin kurang maksimal, bisa mempraktikkan cara lainnya.

Lalu, bagaimana cara membuat Google Docs yang direkomendasikan terutama untuk para pemula? Silahkan baca informasi berikut yang semoga bermanfaat.

1. Membuat Google Docs dengan File Baru

Inilah cara pertama yang perlu kamu ketahui. Google Docs bisa dibuat melalui New File atau file baru, sehingga kamu bisa membuatnya dari awal. Para pemula harus mengetahui caranya dengan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Siapkan gadgetmu dulu, lalu silahkan membuka Google Mail atau Gmail. Jika kamu belum memilikinya, harus membuat akunnya dulu dengan cara yang tidak begitu sulit. Pastikan username dan passwordnya unik dan belum pernah dipakai orang lain.
  2. Setelah berhasil membuka Gmail dengan akun yang sudah dibuat, lalu klik saja ikon 9 titik atau tiga baris yang biasanya terdapat di bagian atas. Setelahnya, pilih Template lalu klik Start a new document.
  3. Selanjutnya, pilih ikon Plus untuk membuat dokumen baru di Google Docs. Setelah itu, kamu dapat menggunakan halaman dokumennya untuk berbagai hal. Misalnya, menulis artikel, mengedit tulisan, atau yang lainnya.
  4. Setelah menggunakannya dan ingin keluar dari Google Docs, jangan lupa untuk menyimpan filenya agar tidak hilang. Kamu bisa memberikan nama dan menyimpannya di folder yang sudah disiapkan pada gadget.
LIHAT JUGA  Aplikasi Menghitung Masa Subur Bagi yang Merencanakan Kehamilan

2. Membuat Google Docs dengan File Lama

Setelah mengetahui cara membuat Google Docs dengan file baru seperti yang diuraikan diatas. Kamu juga perlu mengetahui informasi membuatnya dari file lama. Cara ini sebenarnya untuk kamu yang pernah atau sering menggunakan Google Docs.

  1. Siapkan gadgetmu dulu, lalu buka akun Gmail yang sudah dibuat. Setelah itu, klik ikon 9 titik atau 3 baris di bagian atas.
  2. Pilih Document, lalu klik Template untuk memilih ikon Plus seperti membuat dokumen baru. Setelah dokumen baru terbuka, kamu pilih saja Menu File dan Open atau Buka. Setelah itu, klik bagian Upload untuk mencari dan membuka file Google Docs yang ingin diunggah.
  3. Pilih saja salah satu filenya yang ingin dibuka dengan mengkliknya. Setelah file tersebut terbuka, kamu bisa mengeditnya seperti yang diinginkan.

3. Membuat Google Docs Dibagi ke Akun Lain

Masih ada cara membuat Google Docs lainnya yang perlu kamu ketahui. Cara yang satu ini bisa dibuat secara online karena terkoneksi dengan akun email orang lain, sehingga bisa dibagikan.

Oleh karenanya, jaringan internet yang terkoneksi di gadgetmu harus aktif terlebih dulu. Selanjutnya, silahkan praktikkan beberapa langkah berikut.

  1. Siapkan gadgetmu dulu, lalu buka akun Gmail yang sudah dibuat. Setelah itu, buka file Google Docs dengan cara seperti cara nomor dua diatas.
  2. Setelah file docs terbuka, kamu dapat membagikannya dengan mengklik ikon Share di bagian kanan atas.
  3. Tentukan akun Gmail yang ingin dikirim filenya dengan langsung mengetikkannya. Setelah itu, tekan Konfirmasi, lalu klik Done. Dengan begitu, proses pengiriman file Google Docs berlangsung dan tunggu saja beberapa saat hingga terkirim.
  4. Jika filenya sudah terkirim, ada pemberitahuannya. Cepat lambatnya file terkirim ditentukan oleh ukuran filenya dan koneksi internet. Bahkan, filenya juga bisa dibagikan di aplikasi lain yang sudah terhubung pada akun sama.
LIHAT JUGA  Aplikasi Pemutar Musik Offline Tanpa Terbatas Kuota

Ternyata, membuat Google Docs cukup mudah untuk dipraktikkan. Kamu yang masih pemula dan baru pertama kali mengaplikasikannya juga cukup mudah mempraktikkan cara membuat Google Docs tersebut. Jadi, silahkan untuk mencobanya.