Aplikasi mind mapping

Aplikasi Mind Mapping Membuat Ide Tergambar dengan Jelas

Aplikasi mind mapping memang memberi kemudahan bagi Anda dalam menuangkan berbagai ide menarik, dan bisa menyimpan mind map tersebut dalam bentuk gambar. Kebanyakan orang membuat mind map menggunakan kertas secara langsung, atau perangkat tanpa aplikasi.

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, rasanya sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan aplikasi yang ada untuk memenuhi kebutuhan Anda. Seperti halnya pemetaan pikiran dengan diagram, yang digunakan untuk menampilkan informasi secara visual.

Otak manusia memang lebih peka terhadap gambar atau hal berhubungan secara visual, dengan adanya aplikasi mind mapping ini. Anda akan lebih mudah dalam membuat garis, berbagai bentuk diagram ataupun menambahkan warna apapun pada mind map pengguna.

Membuat mind map tidak hanya sekedar menuangkan ide atau gambaran pemikiran saja. Namun Anda juga perlu memikirkan bagaimana desain yang akan membuat peta pikiran menjadi menarik terlebih lagi, jika mind map ini akan dibagikan atau diperlihatkan kepada orang banyak.

Aplikasi Mind Mapping yang Akan Membantu Anda Merancang Ide

Mind mapping memiliki banyak kegunaan, mulai dari menyempurnakan rencana bisnis, berbagi ide dari beberapa pemikiran juga menampilkan ide tersebut secara visual. Daripada Anda hanya menjelaskan melalui kata-kata, akan lebih mudah dipahami jika menggambarkan inti dari ide itu.

1. MindMeister

Aplikasi mind mapping pertama adalah Mindmesiter, salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah Anda bisa berbagi kepada pengguna lain. Mengenai ide yang sudah dituangkan ke dalam mind mapping tersebut, sehingga akan lebih mudah dalam melakukan brainstorming.

LIHAT JUGA  Cara Merekam Google Meet, Caranya Sangat Mudah

Kemudian adapula fitur obrolan atau komentar, sehingga jika terdapat revisi atau ingin berbagai ide bersama orang lain, mereka bisa mengakses mind map Anda. Dalam membuat rencana baik untuk kebutuhan kantor atau pribadi, kami sarankan bagi Anda untuk mengunduh MindMesiter.

2. XMind

Fitur lainnya juga bisa Anda temukan pada XMind, melalui aplikasi ini Anda akan merasa terbantu dengan berbagai fitur yang mendukung dalam menuangkan ide, kreativitas juga agar pengguna bisa lebih produktif setiap harinya, dengan menulis kegiatan apa yang ingin dilakukan hari ini.

XMind memiliki beberapa jenis chart, mulai dari FishBone, Matrix, Timeline, juga Organizational. Adapun berbagai fitur lainnya, yang senantiasa akan mendukung pengguna untuk membuat berbagai ide kreatif dengan menuangkannya dalam bentuk diagram atau chart.

3. ClickUp

Aplikasi mind mapping berikutnya bernama ClickUp, aplikasi ini terbilang cocok untuk digunakan pada keperluan kantor, karena mampu merencanakan juga mengatur proyek dengan mudah. Anda juga bisa membuat alur kerja dalam bentuk visual, agar mudah dipahami oleh orang lain.

Alur kerja yang dibuat dalam bentuk mind map, memang dinilai lebih mudah dipahami, karena semua alurnya bisa dilihat dengan jelas. Baik pembuat maupun audiens yang akan mendengar penjelasan, akan merasa terbantu karena semua penjelasan menjadi lebih mudah digambarkan.

4. Milanote

Tidak hanya sekedar membuat mind map saja, namun pengguna juga bisa menambahkan media seperti gambar hingga link. Aplikasi ini mudah digunakan dan memiliki desain yang menarik, yang membuat banyak orang mengunduh aplikasi lebih dari 100 ribu pengguna.

LIHAT JUGA  11 Pilihan Aplikasi Nonton Anime Legal Kualitas Terbaik

5. Miro

Miro menjadi salah satu aplikasi mind mapping yang kami rekomendasikan, app ini paling banyak digunakan oleh pengguna yang membutuhkan media untuk menuangkan ide mereka dalam berkolaborasi antar tim, karena memberi kemudahan dengan menyediakannya berbagai fitur.

Miro menyediakan kanvas tidak terbatas, yang memungkinkan pengguna untuk memimpin sesi brainstorming, merancang produk hingga mengatur proyek agar lebih maksimal. Manfaatkan berbagai fitur pada Miro, agar Anda bisa mendapat banyak kemudahan dalam merancang ide.

6. Canva

Saat membuat rencana jangka pendek maupun jangka panjang bagi perusahaan, tentu akan lebih mudah jika kita bisa menuangkan ide tersebut lewat aplikasi mind mapping. Sehingga saat Anda mempresentasikannya di depan banyak orang, ide yang terlampir lebih terstruktur.

Akan berbeda kondisinya jika Anda hanya menggunakan tulisan di Word misalnya, audiens akan merasa cepat bosan bahkan mengantuk, karena tidak ada efek visual yang ditampilkan. Namun dengan memanfaatkan mind mapping ini, semua ide bisa diterima dengan baik oleh audiens.

Dengan teknologi yang berkembang semakin canggih ini, banyak orang yang merasa diuntungkan karena bisa mengasah kemampuan mereka terlebih dalam bidang kreativitas. Seperti hadirnya aplikasi mind mapping yang mempermudah pengguna dalam merancang ide dengan lebih unik.