Aplikasi Edit Video Laptop Ringan untuk Tugas Sekolah

Banyak orang jarang tahu apa saja aplikasi edit video laptop ringan sehingga bisa lancar dipakai. Apalagi untuk tugas sekolah tentu tidak mungkin kita semua perlu menggunakan spek dewa.

Tidak sedikit tugas sekolah baik SMP atau SMA sekarang sudah berkaitan dengan editing video. Oleh karena itu kami akan membahas beberapa perangkat lunak yang cocok dan hanya butuh spek ringan.

Jadi semua orang dapat menggunakannya bahkan para pengguna laptop kentang bisa lancar memakai. Software yang akan kami rekomendasikan semuanya juga gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan budget lebih.

Anda sebagai pelajar maupun orang tua bisa bernafas lega karena kebutuhan tidak meningkat. Jadikan beberapa rekomendasi kami sebagai referensi agar tidak sulit dalam menentukan opsi.

Virtual Dub, Aplikasi Edit Video Laptop Ringan

Virtual dub merupakan salah satu software yang sudah ada sejak lama dan menjadi referensi banyak pengguna. Berikut ini akan kami ulas kelebihan dan kelemahannya sehingga bisa dijadikan pertimbangan.

  • Keunggulan

Keunggulan utama dari virtual dub tentu saja kebutuhan spesifikasi yang rendah. Jadi aplikasi edit video laptop ringan ini dapat dijalankan pada berbagai macam device bahkan yang berusia tua.

Kami rekomendasikan minimal laptop memiliki RAM 2 GB agar bisa lancar menggunakan. Namun sebenarnya RAM 1 GB sudah cukup lancar untuk mengoperasikan secara total.

Kemudian tampilan antar muka sangat simpel dan to the point jadi pengguna tidak perlu sulit mengoperasikannya. Jika ingin split, menambahkan sub, atau mempercepat bisa langsung digunakan.

  • Kelemahan

Karena ini aplikasi yang sangat ringan tentu kelemahan utama terletak pada fiturnya. Di sini editing yang dapat dilakukan cukup terbatas sehingga kebutuhan advance tidak akan terpenuhi.

Sebagai sebuah aplikasi edit video laptop ringan lunak entry level memang jelas hal tersebut terjadi. Kemudian untuk OS lebih baru seperti win 11 terkadang akan terjadi stuttering saat rendering.

LIHAT JUGA  Dua Cara Backup Google Authenticator yang Direkomendasikan

Dengan mengetahui plus dan minus dari software tersebut kita bisa melakukan pertimbangan. Apakah nantinya memang cocok digunakan sesuai kebutuhan atau justru menjadi gangguan.

Anda dapat mengunduh software virtual Dub disini

Spek Kentang Bisa Menggunakan Aplikasi Edit Video VSDC

VSDC

Ini adalah salah satu rekomendasi kami yang cukup bagus untuk digunakan mengerjakan tugas sekolah. VSDC merupakan software dengan kompleksitas sedang namun tepat bagi entry level.

Software  Edit video gratis ini bisa gunakan untuk membuat dan mengedit video dengan tingkat kesulitan apa pun, mulai dari kartu ucapan keluarga hingga presentasi perusahaan. Potong, gabungkan file video, terapkan efek visual dan audio, gunakan filtrasi dan koreksi gambar, buat tayangan slide, dan tambahkan soundtrack yang sesuai.

Gunakan Kunci Chroma multi-warna dan pengaturan parameter lanjutan untuk memberikan tampilan profesional pada video Anda. Semua format video dan audio populer didukung, berikut ulasan klebihan dan kekurangannya.

  • Kelebihan

Fitur dari VSDC tergolong paling lengkap untuk kategori aplikasi edit video laptop ringan entry level. Jadi kita bisa melakukan beberapa advance editing menggunakan software tersebut.

Para pengguna juga tidak perlu khawatir karena kita bisa menyembunyikan atau menghilangkan watermark. Jadi kualitas gambar akan bersih tanpa adanya stempel yang mengganggu.

Dari segi UI sendiri cukup memudahkan karena kita bisa snappy dalam bekerja. Bagi para pemula kami sarankan menggunakan ini agar ketika beralih ke lebih advance juga mudah.

  • Kekurangan

Overall untuk aplikasi edit video laptop ringan pemula kami bisa mengatakan nyaris tidak ada kekurangan. Hanya beberapa gangguan teknis seperti lagging yang terjadi ketika buffering.

Ini juga relatif lebih berat apabila kita bandingkan dengan virtual dub karena perbedaan generasi yang jauh. Jadi setidaknya pastikan laptop memiliki RAM 2 GB agar lancar menggunakannya.

Ketika kita sudah tahu kelebihan dan kekurangannya tentu bisa dipertimbangkan untuk memakainya. Ulasan VSDC ini mungkin cukup subjektif karena memang penulis lebih familiar menggunakannya.

Jika anda ingin mencoba software ini, silahkan langsung menuju website nya disini

LIHAT JUGA  Ini Dia Produsen yang Mulai Siapkan Hp Jaringan 6G!

Jika Kebutuhan Edit Video Simpel Pakai Hitpaw Saja

hitpaw

HitPaw Video Editor cocok untuk anda karena sangat mudah untuk pemula. Bisa digunakan setiap hari untuk mengedit video tutorial, lalu membagikannya ke media sosial ataupun kebutuhan persentasi perusahaan Anda

Anda dapat memeriksa video di tengah, melihat semua materi di sebelah kiri, memeriksa semua properti atau mengedit di sisi kanan. Trek tak terbatas di timeline memungkinkan saya untuk mengedit video berdasarkan apa yang Anda butuhkan

Ini adalah salah satu software yang paling sering digunakan oleh para influencer karena memang penggunaannya mudah. Jadi kita bisa menjadikannya sebagai salah satu rekomendasi optimal, berikut ulasannya.

  • Kelebihan

Keunggulan utama ketika kita menggunakan hitpaw adalah tampilannya yang intuitif. Jadi UI cukup sederhana sehingga para pengguna awam mudah dalam melakukan editing secara mudah.

Sebagai salah satu aplikasi edit video laptop ringan tentu saja kinerjanya snappy dan lancar. Kita hanya perlu kapasitas RAM 1 atau 2 GB saja untuk bisa lancar menggunakannya.

Untuk kebutuhan seperti promosi, pembuatan clip pendek, atau sekedar status ini bisa jadi opsi terbaik. Aktivitas editing tidak akan lama sehingga bisa langsung post ke sosial media.

  • Kekurangan

Kekurangan terbesar dari hitpaw adalah editing yang dilakukan terlalu gimmick. Jadi kita bisa menemukan beberapa efek pada aplikasi lainnya yang pastinya menghilangkan kesan keunikan.

Kemudian lebih fatal lagi ketika menggunakan versi gratis ada watermark setelah selesai editing. Jadi ini bisa menjadi salah satu faktor yang cukup mengganggu bagi para pengguna.

Software Hitpaw ini memiliki versi gratis dan berbayar, tentunya dengan versi berbayar akan banyak fitur-fitur yang disajikan. Silahkan coba versi gratis dengan mendownloadnya di website resmi mereka disini 

Demikanlah bebrapa rekomendasi pilihan software untuk edit video dengan hanya membutuhkan spesifikasi laptop atau pc yang ringan  yang dapat Anda jadikan pertimbangan pemakaian. Teliti lagi aplikasi edit video laptop ringan tadi apakah memang sesuai dengan kebutuhan pemakaian.