Cara Bermain Bibit Reksadana

Cara Bermain Bibit Reksadana yang Mudah untuk Para Pemula

Investasi yang sangat beragam bentuknya sering sekali membuat para pemula merasa kebingungan untuk memilih jenis investasi dan juga platform yang akan digunakan. Reksa dana bisa Anda jadikan opsi yang paling tepat untuk para pemula karena termasuk dalam investasi yang minim dengan risiko.

Aplikasi bibit reksadana menjadi salah satu platform yang bisa dijadikan andalan untuk para investor pemula yang ingin membeli reksadana. Lalu apa itu investasi bibit, Anda dapat menyimak ulasan lengkapnya di berikut ini

Apa itu Bibit Reksadana

Bibit adalah perusahaan finansial teknologi milik PT Bibit Tumbuh Bersama yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sejak tahun 2019. Bibit membantu investor untuk mulai berinvestasi dan memperjualbelikan produk investasi reksa dana secara daring (online) dari berbagai perusahaan manajer investasi (asset management).

Seperti yang sudah dijelaskan, reksa dana merupakan sebuah paket investasi yang berisi beberapa jenis investasi seperti saham, obligasi, atau pasar uang yang dikelola manajer investasi profesional yang sudah berpengalaman di pasar modal. Aplikasi ini direkomendasikan bagi siapa saja, termasuk kamu yang masih pemula, sebab cara investasi di Bibit termasuk mudah dan bisa dioptimalkan sesuai dengan level risiko.

Cara Melakukan Registrasi di Bibit Reksadana 

Cara bermain bibit reksadana untuk pemula bisa dilakukan dengan membuat atau melakukan registrasi akun atau rekening reksadana di aplikasi Bibit. Syarat utamanya Anda harus sudah memiliki KTP dan rekening bank dengan nama Anda sendiri. Rekening bank ini nantinya akan mempunyai fungsi untuk melakukan pencairan dana di saat Anda menjual reksa dana yang dimiliki.

Uang dari hasil penjualan investasi bibit reksadana akan ditransfer oleh Bank Kustodian ke dalam rekening yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Cara bermain bibit reksadana paling awal adalah registrasi mengikuti langkah – langkah yang ada di bawah ini :

  1. Unduh aplikasi bibit melalui App Store atau Play Store pada smartphone Anda.
  2. Buka aplikasi 🡪 klik register 🡪 masukkan nomor handphone Anda yang aktif 🡪 klik lanjutkan, lalu masukan kode verifikasi yang dikirim lewat SMS ke nomor Anda.
  3. Klik mulai jawab 6 kuesioner singkat yang diberikan bibit agar bisa mengetahui profil risiko Anda 🡪 klik lanjut registrasi 🡪 isi kolom menyesuaikan dengan data diri.
  4. Foto KTP dengan jelas agar bisa terbaca dan terlihat jelas nantinya 🡪 klik lanjutkan 🡪 berikutnya ke proses foto selfie bersama dengan KTP.
  5. Lakukan pengecekan NIK, nama lengkap sesuai dengan KTP dan juga tanggal lahir.
  6. Mencantumkan tanda tangan digital yang sama dengan E – KTP di kotak yang sudah disediakan 🡪 Jika sudah klik daftar sekarang.
  7. Set PIN Anda 🡪 masukkan kembali di halaman konfirmasi PIN.
  8. Selanjutnya buka email yang Anda pakai untuk mendaftar 🡪 klik verifikasi email. Anda hanya tinggal menunggu prosesnya 1×24 jam.
LIHAT JUGA  Indicator Trading Terbaik Paling Akurat, Harus Coba

Cara Membeli Bibit Reksadana OJK 

Jika proses registrasi sudah maka Anda tinggal melakukan pembelian lewat aplikasi bibit. Berikut ini adalah langkahnya :

1.Pada halaman home klik tombol Explore 🡪 pilih reksadana yang ingin dibeli.

  1. Mempelajari data dan juga informasi dari reksadana, salah satunya membaca prospektus yang sudah disediakan 🡪 klik beli apabila Anda sudah yakin dengan pilihan Anda.
  2. Masukkan nominal dana yang ingin diinvestasikan 🡪 klik ubah bila ingin dimasukkan ke dalam portofolio yang mana.
  3. Pilih portofolio 🡪 klik beli 🡪 checklist bila Anda sudah menyetujui keseluruhan prospektus reksadana 🡪 klik bayar sekarang 🡪 pilih metode pembayaran yang sudah disediakan.

Cara Jual Bibit Reksadana

Berikut ini adalah cara bermain bibit reksadana dengan melakukan penjualan reksadana yang ada di aplikasi bibit :

1.Klik menu portofolio 🡪 pilih portofolio yang mau Anda jual.

  1. Klik tombol jual pada reksadana yang ingin Anda jual.
  2. Pilih jumlah unit yang nantinya ingin Anda jual dengan menggeser slider 🡪 klik jual.
  3. Masukkan PIN 🡪 klik konformasi agar bisa mengkonfirmasi transaksi dalam penjualan.
  4. Dana dari hasil penjualan akan masuk ke rekening Anda maksimal 7 hari waktu kerja menyesuaikan prosedur OJK.

Keunggulan Keunggulan Bibit?

Bibit adalah teknologi investasi terbaru dengan banyak fitur reksadana yang sesuai untuk Para investor terutama bagi para pemula. Sobat Pintar bisa menggunakan fitur juga layanan top sebagaimana berikut:

Robo advisor berfungsi menyediakan rekomendasi beli reksadana terbaik berdasarkan profil nasabah.

Beli Reksadana bisa dengan cara gratis konsultasi secara online.

Lakukan pembayaran juga lebih mudah karena adanya LinkAja dan GOPAY.

Portofolio secara mudah

Fitur lainnya dari bibit sendiri sangat banyak berikut beberapa poin penting kelebihan bibit reksadana

1. Tersedia Berbagai Pilihan Reksa Dana

Ada banyak pilihan reksa dana yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan keinginanmu. Seperti, Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Obligasi, Reksa Dana Saham, dan Reksa Dana Campuran.

Seringkali membuat kamu bingung untuk pilih yang mana. Aplikasi Bibit membantu kamu untuk memilih Reksa Dana terbaik sesuai dengan tujuan investasi dan profil resiko kamu.

2. Tidak Ada Biaya Komisi

Pastinya, saat melakukan investasi di Bibit kamu dikenakan biaya Rp 0 atau gratis. Sebab, banyak orang malas berinvestasi dikarenakan ada biaya komisi yang perlu dikeluarkan. Sehingga, Bibit tidak memungut komisi apapun saat kamu ingin berinvestasi.

LIHAT JUGA  Daftar Broker Forex yang Terdaftar di Bappebti Terpopuler

3. Tidak Kena Pajak

Berbeda halnya saat kamu berinvestasi bisnis properti dan emas, keuntungan dari reksa dana bukan merupakan objek pajak. Pastinya, sudah tak ada komisi saat transaksi, keuntungan dari investasi di Bibit tidak kena pajak lagi.

4. Pembukaan Rekening Praktis

Tak perlu repot harus melakukan pembukaan rekening ke bank atau kantor Bibit, pembukaan rekening dilakukan secara online dan bisa selesai hanya dalam hitungan menit. Selain itu, pembukaan rekening di sini juga praktis tanpa ada pengisian formulir yang cukup panjang dan memakan waktu.

5. Pencairan Dana Investasi Sangat Fleksibel

Jika ditengah-tengah berinvestasi ternyata kamu membutuhkan uang mendadak, kamu bisa melakukan pencairan dana investasi di Bibit kapan saja. Pastinya, waktu dan prosesnya tak perlu menunggu berhari-hari, hanya dalam hitungan menit.

6. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Berinvestasi butuh modal mahal? Hal ini tak berlaku di Bibit, Sebab hanya dengan Rp 10 ribu, kamu sudah bisa memulai untuk investasi reksa dana. Karena Bibit mengutamakan konsistensi untuk rutin menyisihkan sebagian penghasilanmu setiap bulannya.

7. Telah Terdaftar dan Diawasi oleh OJK

Pastinya, Bibit sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kamu bisa lihat bukti legalitas Bibit di website resmi OJK. Jadi, kalau kamu mau berinvestasi di Bibit, keamanannya sudah pasti tak perlu diragukan lagi

Pertanyaan Seputar Bibit

Pertanyaan: Apakah bibit terdaftar OJK?

Jawaban – Aplikasi Bibit telah memperoleh izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sebagai agen penjualan Reksadana dan perusahaan tersebut telah terdaftar ataupun di bawah pengawasan OJK.

Pertanyaan: Apa bonus investasi pertama kali di aplikasi bibit?

Jawaban – Jika Sobat Pintar mendaftar menggunakan kode referal seorang teman Sobat Pintar bisa memperoleh cashback hingga Rp25.000 dengan melakukan investasi paling rendah Rp100.000.

Pertanyaan: Berapa investasi minimal paling rendah?

Jawaban – minimum pembelian Reksadana adalah Rp10.000 yang bisa Sobat Pintar beli dengan pilihan sendiri.

Pertanaan – Bagaimana metode pembayaran bibit?

Jawaban – Metode pembayaran yang ada pada bibit bisa Sobat Pintar lakukan dengan menggunakan go-pay, UFO aja, virtual account, atau transfer manual.

Demikianlah penjelasan seputar cara bermain Bibit reksadana yang perlu anda ketahui. Sekarang, anda sudah bisa melakukan registrasi, pembelian, hingga penjualan menggunakan aplikasi Bibit di smartphone secara langsung

Perlu diingat, selain rajin berinvestasi, andajuga perlu menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk masa depan seperti halnya dengan memiliki asuransi. Sebab hal ini juga bisa dikatakan sebagai bentuk investasi yang akan membantu mengelola keuangan di masa yang akan datang.