6 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil Yang Bisa Anda Lakukan

6 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil Yang Bisa Anda Lakukan

Dalam dunia bisnis untuk mencapai sebuah perkembangan dan keuntungan banyak faktor yang bisa mempengaruhi. Salah satunya adalah Anda harus paham betul bagaimana cara mengelola keuangan usaha dagang kecil dengan baik dan benar.

Sebab beberapa orang gagal dalam menjalankan usahanya karena tidak paham dalam proses atau cara mengelola keuangan usaha dagang kecil. Maka dari itu Anda sebagai pelaku bisnis yang notabenya ingin berkembang dan berhasil juga harus tahu bagaimana cara untuk mengelola uang dengan baik. Di bawah ini merupakan beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan dalam pengelolaan uang bisnis.

Pisahkan uang usaha dengan uang pribadi

Hal pertama yang wajib dilakukan oleh pengusaha pemula adalah pemisahan antara uang usaha dengan uang pribadi. Caranya Anda bisa mencoba untuk membuat dua rekening berbeda, satu untuk usaha dan satu lagi untuk pribadi.

Di sisi lain pemisahan uang pribadi dengan uang usaha agar nantinya tidak terjadi kebingungan ketika kebutuhan pengeluaran sudah mulai banyak. Pasalnya ada lho beberapa pelaku usaha yang tak memisahkan uang usaha dan pribadi. Dan hal tersebut bisa memicu penggunaan uang bisnis sebagai uang kebutuhan pribadi.

Perencanaan anggaran usaha

Berikutnya Anda bisa mencoba untuk melakukan pembuatan perencanaan anggaran usaha. Baik dari segi pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis tersebut harus direncanakan terlebih dahulu. Tak perlu terburu-buru.

LIHAT JUGA  Aplikasi Cetak Struk Sendiri yang Mudah Digunakan

Anda bisa memulai dengan membuat rencana anggaran usaha harian. Jika sudah terbiasa naik ke tingkat mingguan dan ke bulanan.

Pembayaran tagihan tepat waktu

Untuk memangkas pengeluaran tak terduga seperti denda atau pajak keterlambatan pembayaran utang. Maka akan lebih baik jika Anda melakukan pembayaran utang pada waktu yang tepat.

Mencatat arus kas

Keseluruhan arus kas pada periode bisnis yang sedang dijalankan juga harus dicatat dengan baik dan benar. Hal ini bertujuan agar kondisi bisnis saat itu bisa terdeteksi.

Perhitungan untung dan rugi

Dengan mencatat arus kas dengan baik dan benar akan bisa membuat Anda juga lebih tahu pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Bahkan perhitungan keuntungan dan kerugian dalam bisnis juga akan semakin bisa lebih mudah diketahui.

Gunakan keuntungan sebagai tambahan modal

Gunakan uang keuntungan sebagai tambahan modal. Tambahan modal ini akan mempermudah Anda dalam proses pengembangan bisnis yang sedang di jalankan. Meski bertahap, namun tetap saja uang dari keuntungan bisa membantu Anda.

Beda cerita Jika bisnis Anda sudah besar. Sebab bisnis besar biasanya akan lebih mudah mendapatkan tambahan modal dengan adanya investor.

Hal lain yang tak kalah pentingnya juga disaat kemajuan teknologi seperti sekarang ini yaitu kita juga harus dapat memanfaatkan beberapa tools penunjang dalam pengelolaan keuangan usaha seperti penggunaan aplikasi atau pun software keuangan lainnya sehingga segala bentuk pencatatan dalam pengelolaan keuangan tidak perlu lagi dilakukan secara tulis manual.

LIHAT JUGA  Sudah Dibuka! Berikut Cara Daftar dan Login Prakerja Gelombang 31

Dengan beberapa cara mengelola keuangan usaha dagang kecil di atas. Anda akan semakin mudah mengetahui kondisi dari bisnis yang sedang dijalankan. Selain itu Anda juga bisa lebih mudah dalam proses pengembangan bisnis.