Contoh Narasi Informatif yang Menarik dan Santai

Kenali Jenis-Jenis Narasi Informatif

Hi Readers, pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas tentang narasi informatif. Narasi informatif merupakan jenis teks yang bertujuan untuk memberikan informasi yang lengkap dan jelas kepada pembaca. Biasanya, narasi informatif digunakan dalam media cetak, televisi, atau internet. Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa contoh narasi informatif yang bisa menjadi referensi untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

Contoh Narasi Informatif Berita

Salah satu jenis narasi informatif yang paling umum adalah narasi berita. Narasi ini berisi tentang fakta-fakta yang terjadi pada suatu peristiwa tertentu. Narasi berita biasanya dimulai dengan headline atau judul, kemudian dilanjutkan dengan intro atau pembukaan yang menjelaskan topik yang akan dibahas.Contoh narasi informatif berita:Headline: Hari Ini, Jumlah Kasus Covid-19 di Indonesia Mencapai 1 Juta OrangIntro: Indonesia kembali mencatat rekor jumlah kasus Covid-19 baru pada hari ini. Data dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 1 juta orang. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara ke-17 di dunia dengan jumlah kasus terbanyak.

Contoh Narasi Informatif Pendidikan

Selain narasi berita, narasi informatif juga sering digunakan dalam bidang pendidikan. Narasi ini biasanya berisi tentang materi-materi pembelajaran yang disampaikan secara sistematis dan terstruktur. Narasi informatif pendidikan juga bisa digunakan untuk mengajarkan keterampilan atau memecahkan masalah.Contoh narasi informatif pendidikan:Judul: Cara Membuat Es Krim Sendiri dengan MudahPembuka: Es krim merupakan makanan penutup yang sangat digemari oleh banyak orang. Namun, terkadang harga es krim di toko terasa terlalu mahal. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan cara membuat es krim sendiri dengan mudah.

Contoh Narasi Informatif Teknologi

Teknologi adalah salah satu bidang yang paling sering menggunakan narasi informatif. Narasi dalam bidang teknologi biasanya berisi tentang pengenalan produk, tutorial penggunaan, atau ulasan tentang teknologi terbaru. Contoh narasi informatif teknologi:Judul: Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Samsung Galaxy S21Pembuka: Samsung Galaxy S21 adalah salah satu smartphone terbaru dari Samsung yang diluncurkan pada awal tahun ini. Smartphone ini memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Berikut adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh narasi informatif yang bisa kamu jadikan referensi. Dalam membuat narasi informatif, pastikan kamu memberikan informasi yang akurat dan jelas. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis atau formal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!