Ini Dia Produsen yang Mulai Siapkan Hp Jaringan 6G

Ini Dia Produsen yang Mulai Siapkan Hp Jaringan 6G!

Dari masa ke masa perkembangan teknologi tak pernah mengecewakan. Hasil yang semakin berkualitas dan semakin modern selalu diberikan untuk mempermudah aktivitas. Handphone atau hp merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi komunikasi yang terus berkembang. Koneksi jaringan hp yang awalnya hanya 2G saat ini sudah sampai pada teknologi jaringan 5G. Bahkan sudah ada beberapa produsen hp yang mulai mengembangkan hp jaringan 6G.

Koneksi jaringan memang komponen yang cukup penting untuk pengoperasian hp. Semakin tinggi teknologi jaringan hp maka akan semakin lengkap fitur di dalamnya. Maka dari itu beberapa produsen hp terus bersaing untuk memproduksi hp dengan teknologi jaringan yang semakin tinggi.

Setelah meluncurkan hp dengan jaringan 5G pada tahun lalu, beberapa produsen hp sudah mulai menyiapkan pengembangan hp dengan jaringan 6G. Berbagai kelebihan hp 5G menjadi salah satu alasan mengapa beberapa produsen ini mulai mempersiapkan perkembangan hp jaringan 6G. Berikut ini deretan produsen tersebut!

Huawei Kembangkan Hp 6G

Produsen pertama yang sudah mengembangkan hp 6G ialah Huawei. Berdasarkan penyampaian pihak Huawei menyatakan bahwa kecepatan dari satelit 6G bisa mencapai 50 kali lipat dari 5G. Hal itulah yang menjadi alasan kuat Huawei akan segera luncurkan hp 6G untuk para penngguna smartphone pabrikan Huawei asal China ini.

Samsung susul Huawei untuk Kembangkan Hp Berjaringan 6G

Setelah Huawei menjadi pemrakarsa pengembangan jaringan hp menjadi 6G, kini Samsung tidak mau diam dan menerima kekalahan. Langkah serius yang mulai diambil oleh Samsung untuk mengembangkan hp 6G ini tertulis jelas pada buku putih berjudul “The Next Hyper-Connected Experience for All” yang baru saja dirilisnya beberapa waktu lalu.

LIHAT JUGA  Suara Google yang bisa di download, yakin bisa? Ini dia caranya

Berdasarkan buku tersebut, Anda sudah bisa menggunakan hp 6G dari produsen asal Korea ini pada tahun 2030 mendatang. Perkiraan dari Samsung, tahun 2028 pengembangan hp 6G tersebut akan rampung dan dapat dirilis dua tahun setelahnya. Alasan yang tertulis menjelaskan bahwa Samsung ingin mengurangi perbedaan dalam infrastruktur regional dan sosial serta peluang ekonomi dengan memberikan hp jaringan 6G sebagai alternatif akses.

Xiaomi Mulai Kembangkan Hp 6G dan Hentikan Produksi Hp 4G

Tahun ini Xiaomi menyatakan akan segera melalukan penelitian untuk mengembangkan hp 6G. Dan pembuatan hp 4G akan segera dihentikan pada akhir tahun 2022 mendatang. Tetapi penghentian produksi tersebut hanya akan dilakukan di China, karena saat ini sudah banyak diluncurkan hp dengan jaringan 5G.

LG Tak Mau Kalah, Segera Siapkan Hp Berjaringan 6G yang Akan Selesai 2029 Mendatang

LG ELektronics sudah menandatangani perjanjian bersama dengan perusahaan elektronik asal Amerika Serikat, Keysight dan KAIST (Korean Advanced Institute of Science and Technology) yang berisikan kerja sama untuk pengembangan hp 6G pada tahun lalu. Targetnya tahun 2024 penelitian tersebut haruslah selesai. Tapi untuk komersialisasinya direncanakan akan dilakukan pada tahun 2029 mendatang.

Nokia Pemimpin Pengembangan Hp 6G di Eropa

Hexa-X merupakan sebutan dari proyek pengembangan 6G di Uni Eropa yang langsung dipimpin oleh Nokia bersama beberapa perusahaan lain dan universitas yang ada di Eropa. Rencana pengembangan ini sudah dilakukan sejak akhir tahun 2020 lalu. Alasan dilakukannya pengembangan ini ialah untuk menghasilkan teknologi yang mampu menggunakan gelomang udara terahertz dengan frekuensi yang super tinggi serta konektivitas yang canggih.

LIHAT JUGA  Aplikasi Edit Video Laptop Ringan untuk Tugas Sekolah

Bukan hal mengejutkan bahwa ada beberapa produsen yang sudah menyiapkan atau bahkan sudah mulai melakukan pengembangan hp jaringan 6G. Saat ini perkembangan teknologi memang sudah maju dengan sangat pesat. Kebutuhan akan ketersediaan teknologi yang semakin canggih tiap masanya menjadi alasan kuat pula untuk produsen – produsen di atas mengembangkan teknologi 6G tersebut.