cara membuat coin crypto sendiri

Ingin Buat Coin Crypto Sendiri? Ini Caranya!

Anda mungkin tidak asing lagi dengan coin crypto. Pasalnya, coin crypto belakangan ini sering menjadi topik hangat, terlebih dari kalangan artis sudah ada yang berhasil membuat miliknya sendiri.

Coin crypto sendiri merupakan aset digital yang dijalankan di dalam blockchainnya sendiri, yang mana blockchain tersebut dapat melacak setiap transaksi yang melibatkan coin crypto aslinya.

Cara Membuat Crypto

Anda juga bisa membuat coin crypto sendiri, dengan ide, tujuan, dan tim yang Anda inginkan. Penasaran bagaimana cara membuat crypto sendiri? Berikut simak ulasannya di bawah ini.

Menciptakan Ide 

Jika Anda ingin membuat coin crypto sendiri, maka hal penting pertama yang perlu dilakukan ialah menciptakan sebuah ide serta rencana strategis tentang koin yang akan dibuat. Ide dapat dimulai dari penentuan target pasar sampai dengan pemahaman tentang masalah yang dipecahkan agar dapat menciptakan visi misi supaya koin memiliki nilai. Ide tersebut dimulai dari penentuan target audien serta pahami masalah yang akan dipecahkan. Kemudian buat proporsi nilainya, karena sebuah ide tidak akan bermanfaat bila tidak ada nilainya.

Mengetahui Tujuan

Langkah selanjutnya, Anda perlu untuk menentukan tujuan dari pembuatan coin crypto. Tujuan yang jelas akan memudahkan Anda dalam perencanaan ke depannya. Selain itu, Anda juga penting untuk memahami manajemen aset cerdas, seperti pembuatan smart contract, autentikasi, dan verifikasi.

Menentukan Mekanisme Konsensus

Mekanisme konsensus merupakan protokol yang dapat menentukan jaringan untuk mempertimbangkan mengenai transaksi tertentu. Pada dasarnya, semua node perlu melakukan konfirmasi transaksi agar bisa dilalui. Anda dapat menentukan mekanisme konsensus yang sesuai dengan kebutuhan.

Membuat Blockchain 

Cara membuat coin crypto sendiri selanjutnya ialah membuat blockchain. Pada dasarnya, coin yang akan dibuat tentunya membutuhkan blockchain. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pertimbangan dalam membuat blockchain yang seperti apa agar dapat mendukung perkembangan aset crypto yang dibuat.

Selain itu, Anda juga perlu membuat desain node. Node sendiri merupakan bagian utama dari DLT atau Distributed Ledger Technology. Anda perlu menentukan bagaimana node akan berfungsi pada crypto yang dibuat.

Memilih Tim Pengembang Software

Dalam mengembangkan coin crypto, Anda perlu memahami pengkodean blockchain. Namun, apabila Anda tidak memiliki keahlian, maka dapat menggunakan jasa perusahaan pengembang software. Anda harus memilih tim yang berpengalaman dalam bidang crypto dan blockchain. Dengan begitu, hasil yang diperoleh pun akan lebih akurat.

Membuat Smart Contract

Smart contract atau kontrak cerdas merupakan segala informasi mengenai mata uang virtual. Smart contract mempunyai pengaruh yang besar pada pengembangan aset. Hal ini dikarenakan di dalamnya memuat aturan yang telah dibuat dan tidak dapat diubah. Dengan begitu, operasi blockchain dapat berjalan otomatis.

Membuat Whitepaper

Whitepaper dapat berguna untuk menjembatani kesenjangan antara investor dan pemilik proyek. Hal ini tentu juga menjadi faktor penting yang dinilai oleh investor, maka dari itu Anda perlu membuat whitepaper.

Melakukan Kegiatan Promosi dan Pemasaran 

Apabila Anda telah berhasil membuat coin crypto, maka langkah selanjutnya ialah mempromosikan ICO atau Initial Coin Offering. Supaya orang-orang tertarik, maka Anda perlu menjelaskan definisi nilai mata uang crypto yang telah Anda buat.

Sewa Tim Audit Eksternal yang Profesional

Agar pengguna dapat mempercayai kode dari smart contract, maka perlu menyewa perusahaan audit eksternal yang profesional. Investor umumnya memilih proyek yang tepat untuk menginvestasikan dana. Ini menjadi langkah penting untuk memastikan legitimasi proyek untuk membangun kredibilitas. Audit ini sering dikenal sebagai audit keamanan ICO.

Manfaat dari menyewa tim audit bukan hanya untuk investor merasa aman saja, namun juga bagi pemilih coin crypto agar token dan pengembangan kontrak tidak diretas. Selain itu juga menambah nilai maksimal bagi pemilik proyek.

Kelola Komunitas yang Kuat

Cara buat coin crypto sendiri agar bisa sukses, juga membentuk komunitas yang kuat seperti semua cryptocurrency teratas. Untuk itu, dibutuhkan sebuah forum media supaya bisa berbicara satu sama lainnya dan menjawab pertanyaan dari yang pihak yang terlibat. Aplikasi populer yang sering digunakan berupa Telegram, WhatsApp, dan Facebook Messenger. Melalui komunikasi yang lancar, maka penguatan komunitas akan terjadi seperti yang diharapkan!

LIHAT JUGA  Iklan Yang Dapat Dipublikasikan Melalui Website Disebut Iklan

Itulah, ulasan mengenai cara membuat coin crypto sendiri. Agar usaha Anda semakin maksimal dalam cara membuat coin crypto, Anda bisa mengikuti langkah-langkah orang yang telah berhasil membuat coin crypto. Lalu, bertanya dan lakukan diskusi bersama dengan orang yang berpengalaman. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan manfaat untuk Anda.