cara mining ethereum

Ingin Untung Lebih Banyak? Begini Cara dan Metode Mining Ethereum yang Benar

Dengan semakin populernya reputasi bitcoin dalam beberapa tahun ke belakang, terutama pasca pandemi covid-19, makin banyak bermunculan mata uang crypto jenis baru. Salah satu mata uang crypto yang sudah terkenal dan nilainya tinggi adalah Ethreum. Apakah anda salah satu dari pengguna dan pemiliknya? Jika iya maka anda perlu membaca artikel ini sampai selesai karena bakal membahas bagaimana cara mining ethereum yang baik dan benar untuk mengejar keuntungan yang maksimal.

ETHEREUM

Ethereum merupakan salah satu perangkat lunak di dalam sistem blockchain yang terpusat yang memiliki mata uang sendiri yaitu ETH. Ethereum telah diresmikan sejak tahun 2015 lalu dan jadi salah satu platform terfavorit yang bisa anda beli di bursa. Jika anda mnecari tahu tentang daftar mata uang crypto yang paling kuat posisinya dan terkenal, maka Ethereum akan masuk di jajaran atas dari daftar tersebut.

Selanjutnya , Ethereum mempunyai fitur smart contract untuk menentukan integritas di seluruh node. kode-kode yang dijalankan pada satu node dilakukan dengan cara yang sama pada semua node. Sistem ini memungkinkan Ethereum untuk menyebarkan berbagai aplikasi.

Metode Mining Ethereum

Oke sebelum ke cara mining, baiknya mengenal terlebih dahulu jenis cara mining ETH terlebih dahulu. Umumnya ada tiga cara yaitu:

1. Metode penambangan awan (Cloud mining)

Dalam metode ini anda akan diarahkan untuk membeli atau menyewa sejumlah tertentu nilai hash yang berasal dari penyedia alat-alat menambang baik penyedia perorangan maupun dalam bentuk perusahaan.

Sehingga sangat penting bagi anda untuk mengetahui terlebih dahulu manakah cloud mining yang paling aman dan sudah terpercaya validitasnya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal di akhir proses penambangan.

2. Penambangan kolam (pool mining)

Berbeda dari metode sebelumnya, di sistem penambangan ini anda bisa melakukan kerja sama dengan penambang lain untuk sama-sama mendapatkan keuntungan. Caranya adalah dengan menggabungkan masing-masing dari nilai hash yang dimiliki sehingga nanti bisa mendapatkan nilai hash yang lebih besar yang hasilnya akan dibagi rata.

3. Personal mining

Personal Mining

Penambangan dilakukan tanpa campur tangan pihak manapun selain diri sendiri. Memang modal yang digunakan jadi lebih hemat, namun keuntungannya juga pun jadi lebih sedikit dibanding metode lain

Berikut adalah cara mining ethereum melalui PC.

  • Pilihlah Graphical Processing Unit (GPU) yang tepat

GPU ini akan berguna dalam proses perhitungan sistematis bebarengan dengan perangkat lunak yang ada di sistem ethereum lainnya.

  • Unduh perangkat lunak yang akan anda gunakan menambang Ethereum

Biasanya perangkat lunak tersebut telah disediakan oleh pihak GPU sehingga anda bisa dengan mudah mengunduhnya melalui internet dan kemudian menghubungkannya dengan sistem blockchain ETH yang sudah anda pilih

  • Pelajari dan kuasai 3 cara mining ethereum terbaik menurut anda

Terdapat 3 metode dalam menambang ETH seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Coba semua metode agar anda tahu metode mana yang paling cocok dan terbaik bagi anda. Sekali anda sudah menemukan yang cocok maka anda bisa melakukannya dengan lebih senang dan makin lama makin ahli.

  • Bergabunglah dengan grup penambang lain dan perluas jaringan anda

Dengan memiliki grup penambang akan semakin mempermudah anda dalam proses penambangan ETH. Nantinya di dalam grup tersebut bisa dibagi ke dalam grup-grup yang lebih kecil yang masing-masing punya tugas sendiri untuk diselesaikan.

  • Unduh perangkat lunak Ethminer untuk mendapatkan profit dari aktivitas menambang ETH

Perangkat lunak ini memiliki peran sebagai perantara atau moderator antara anda dengan seluruh anggota grup penambang.

LIHAT JUGA  Berminat Mining Bitcoin? Coba Lakukan Pada Beberapa Situs Legal di Bawah Ini

Itulah beberapa jenis metode dan cara mining ethereum agar untung banyak melalui PC.