Cara Membuat Cream Cheese Sendiri Dengan Mudah Dan Praktis

Pendahuluan

Hello kawan-kawan! Apa kabar kalian? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat cream cheese sendiri. Cream cheese adalah jenis keju yang lembut dan krimi, yang sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai hidangan penutup, seperti cheesecake dan frosting. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah mudah untuk membuat cream cheese sendiri di rumah. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai proses pembuatan cream cheese, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • 1 liter susu segar
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • 1 sendok makan cuka putih

Langkah 1: Menggumpalkan Susu

Langkah pertama dalam pembuatan cream cheese adalah menggumpalkan susu. Untuk melakukannya, panaskan susu segar dalam panci di atas api sedang. Setelah susu mendidih, matikan api, dan tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata dan biarkan selama 5-10 menit hingga susu menggumpal.

Langkah 2: Mengeluarkan Whey

Setelah susu menggumpal, peras susu yang ada dalam kain bersih atau saringan halus untuk mengeluarkan whey atau air susu. Whey ini tidak dibutuhkan dalam pembuatan cream cheese. Tekan perlahan-lahan hingga whey tidak keluar lagi. Setelah itu, pindahkan susu yang sudah menggumpal ke dalam wadah bersih.

Langkah 3: Menggumpulkan Cream Cheese

Langkah selanjutnya adalah menggumpulkan cream cheese dari susu yang sudah menggumpal. Tambahkan garam, baking soda, dan cuka putih ke dalam susu yang sudah di dalam wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Langkah 4: Mengeringkan dan Menghaluskan Cream Cheese

Setelah adonan tercampur rata, tutup wadah dan biarkan adonan mengering selama 24-48 jam di dalam lemari es. Dalam waktu tersebut, adonan akan mengental dan menjadi cream cheese yang lezat. Setelah mengering, kocok cream cheese dengan mixer atau garpu hingga lembut dan halus.

Langkah 5: Menyimpan Cream Cheese

Terakhir, simpan cream cheese yang sudah jadi ke dalam wadah kedap udara di dalam lemari es. Cream cheese dapat disimpan selama 1-2 minggu. Jika ingin lebih awet, cream cheese juga bisa dibekukan dalam lemari es.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apakah cream cheese bisa digunakan dalam berbagai hidangan?

Tentu saja! Cream cheese dapat digunakan dalam berbagai hidangan, seperti cheesecake, frosting, hingga spread untuk roti.

Bisakah cream cheese dibuat dengan susu skim?

Ya, cream cheese juga bisa dibuat dengan susu skim. Namun, tekstur dan rasa cream cheese yang dihasilkan mungkin berbeda sedikit.

Apakah ada alternatif untuk air jeruk nipis?

Jika tidak memiliki air jeruk nipis, Anda bisa menggunakan air lemon sebagai penggantinya.

Berapa lama cream cheese bisa disimpan?

Cream cheese yang sudah jadi bisa disimpan di dalam lemari es selama 1-2 minggu.

Apakah cream cheese bisa dibekukan?

Ya, cream cheese bisa dibekukan untuk meningkatkan masa simpannya.

Selamat mencoba membuat cream cheese sendiri di rumah, dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!