Cara Mengetahui Kata Sandi Akun Google yang Lupa

Dua Cara Mengetahui Kata Sandi Akun Google yang Lupa

Ada cara mengetahui kata sandi akun Google yang lupa dan harus kamu ketahui informasinya. Bukan hanya penting, tetapi benar-benar sifatnya emergency atau darurat. Terutama bagi kamu sekalian yang sehari-hari menggunakan Gmail.

Dimana akun emailnya biasa untuk berkirim dan menerima surat. Selain itu, emailnya bisa  melampirkan file-file dalam wujud dokumen, gambar, maupun video yang mungkin penting isinya. Oleh karenanya, kamu harus selalu memeriksa setiap waktu emailnya.

Jika passwordnya lupa, tentu saja akun Gmailnya tidak bisa dibuka. Namun tenang saja, dikarenakan ada cara mengetahui kata sandi akun Google yang lupa. Caranya bisa kamu praktikkan saat lupa dengan password akun Gmailmu.

Mengenal Cara Mengetahui Kata Sandi Akun Google yang Lupa

Cara tersebut harus kamu ketahui untuk berjaga-jaga jika nanti membutuhkan pertolongannya. Tidak perlu memanggil teknisi komputer, konsultan IT, atau sejenisnya karena kamu bisa menanganinya sendiri.

Namun demikian, cara mengetahui kata sandi akun Google yang lupa ada prosedur serta langkah-langkahnya. Semua harus dipraktikkan secara urut agar tidak bermasalah dan password Gmailnya bisa ditemukan lagi. Berikut informasi selengkapnya.

1.    Mengetahui Password Gmail di PC

Personal Computer (PC), laptop, maupun notebook masih menjadi peralatan gadget yang digunakan banyak orang. Salah satu kegiatan secara online, yaitu saling berkirim email di akun Gmail.

LIHAT JUGA  Aplikasi Pengunduh Status WA yang Ringan dan Mudah Digunakan

Kamu sekalian yang merasa kehilangan dan lupa password akun Gmail di PC atau laptop dapat mengetahui sekaligus memulihkannya. Ada cara mengetahui kata sandi akun Google yang lupa di PC dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan PC atau laptopmu yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Setelah itu, bukan akun Gmailmu, tetapi belum mengetikkan passwordnya karena lupa.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi Chrome yang biasanya sudah terinstal bawaan pabrik. Setelah halaman utamanya muncul, kamu klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas.
  3. Pilih Setting, lalu dimunculkan halaman baru dan klik saja Passwords. Terbuka halaman baru lagi berisi beberapa situs dengan password yang disimpan di Chrome.
  4. Situs atau website yang mungkin pernah kamu buka dan mendaftar dengan mengetikkan password sama seperti di Gmail. Dengan begitu, kamu dapat membaca dan mengingat lagi kata sandi untuk Gmail.
  5. Agar tidak lupa lagi, sebaiknya kamu catat semua passwordnya atau menscreenshot halaman tersebut, sehingga bisa disimpan di gadget. Jadi, jangan sampai kelupaan lagi password Gmailnya.
  6. Atau mungkin, kamu bisa mencobanya satu per satu untuk login di Gmail. Langkah ini mungkin membutuhkan waktu lebih lama, tetapi tidak ada salahnya dicoba.

2.    Mengetahui Password Gmail di Smartphone

Cara mengetahui kata sandi akun Google yang lupa ini juga bisa kamu praktikkan. Khususnya kamu yang memiliki akun Gmail di smartphone dan lupa kata sandinya. Dengan mengaplikasikan Gmail di telepon pintar, memang cukup praktis.

LIHAT JUGA  Berikut Cara Buat Absensi di Google Form

Bukan hanya ukuran gadgetnya yang kecil, tetapi juga lebih fleksibel saat mengaplikasikan setiap saat dan dimana saja. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan password Gmail di smartphone lupa, sehingga kamu perlu mempraktikkan beberapa langkah berikut.

  1. Siapkan smartphonemu dulu dengan mengaktifkan jaringan internetnya. Setelah itu, buka akun Gmailmu meskipun belum bisa masuk ke dalamnya karena lupa kata sandinya.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi Chrome di smartphonemu dengan mengklik ikonnya saja. Biasanya aplikasi Chrome sudah terinstal bawaan pabrik.
  3. Setelah terbuka halaman utamanya, klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas. Lalu, pilih Setting atau Setelan.
  4. Kamu pilih simpan Sandi dan akan dimunculkan halaman passwords.google.com di menu sandi. Setelah itu, kamu buka saja dan mencari akun Gmail sesuai alamat emailnya. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui passwordnya yang tadi lupa.
  5. Setelah mengetahui passwordnya, jangan lupa untuk mencatatnya atau menscreenshot agar tidak kelupaan lagi. Selanjutnya, kamu bisa segera login di akun Gmail dengan mengetikkan username serta kata sandinya.
  6. Jadi, kamu tidak perlu panik saat lupa atau kehilangan password akun Gmailmu di smartphone. Sudah ada caranya dan mudah dipraktikkan sekarang juga.

Dua cara mengetahui kata sandi di Gmail seperti yang dijabarkan diatas harus kamu pelajari dan diingat. Mungkin kamu tidak memerlukannya sekarang, tetapi di kemudian hari pasti  membutuhkan cara mengetahui kata sandi akun Google yang lupa tersebut.