cara membuat kuesioner di google form

Cara Membuat Kuesioner di Google Form Tercepat

Cara membuat kuesioner di google form adalah hal yang wajib diketahui. Dengan pengetahuan akan hal ini, seseorang akan semakin dimudahkan. Perlu diingat, membuat kuesioner secara offline sekarang sudah tidak musim.

Selain menghabiskan waktu, ada biaya yang perlu dikeluarkan ketika membuatnya. Kondisi berbeda akan terlihat jika dibandingkan dengan pembuatan menggunakan google form. Pembuatannya relatif cepat dan tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan.

Kondisi ini jelas menguntungkan kamu yang sedang membutuhkan kuesioner dalam waktu cepat. Namun ingat, masih banyak orang di luar sana yang belum mengetahui cara pembuatannya. Tentu ketidaktahuan ini adalah kesalahan besar.

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Cara membuat kuesioner di google form sebenarnya sangat mudah. Kalau kamu sedang mencari kuesioner yang menjelaskan tentang hal tersebut, ini adalah tempat terbaik. pada kesempatan kali ini akan dijelaskan lebih jauh cara pembuatan kuesionernya.

Namun perlu diketahui, ada beberapa cara yang bisa dipilih ketika membuat kuesioner di google form. Kamu bisa memilih teknis pembuatan yang dirasa paling mudah. Oleh karena itu, berikut ulasan lengkap mengenai cara pembuatannya.

  1. Via Drive

Cara membuat kuesioner di google form pertama adalah dengan memanfaatkan drive. Sama seperti google form, Drive merupakan aplikasi buatan google. Oleh karena itu, keduanya sudah bekerja sama dan bisa digunakan secara bebas.

Untuk membuat kuesioner via drive, bukalah google drivenya terlebih dahulu. Jika bingung masuk ke drive, lakukan saja pencarian di google dengan kata kunci “google drive”. Setelah itu, pilih situs yang berada pada posisi paling atas.

LIHAT JUGA  Dua Cara Mengetahui Kata Sandi Akun Google yang Lupa

Selanjutnya lakukan login dengan akun yang dimiliki. Jika memiliki beberapa akun, jangan sampai salah ketika login. Itu karena, data kuesionernya nantinya akan tersimpan pada kaun tersebut.

Setelah login, klik tulisan “New” yang ada di kiri atas layar. Nantinya beberapa fitur di google drive akan tersedia. Dalam cara membuat kuesioner di google form, pilihlah “Google Forms”.

Disini kamu bisa mulai memasukkan pertanyaan yang ingin disebar. Jika pertanyaannya sudah dibuat, langsung saja simpan dan sebarkan ke para responden.

  1. Google Doc

Membuat kuesioner di google form juga bisa dilakukan memakai google doc. Untuk melakukannya, kunjungi dulu situs google doc. Situsnya sendiri berada pada alamat docs.google.com.

Nantinya akan ada beberapa fitur yang bisa digunakan. Disini langsung saja pilih “Google Forms”. Nantinya kamu bisa memilih formulir kosong atau jenis yang sudah memiliki template. Normalnya, template malah membuat seseorang bingung.

Oleh karena itu, kamu yang baru menggunakan google form akan lebih tepat jika memilih formulir kosong. Jika sudah dipilih, kamu akan langsung berpindah ke halaman editor.

Pada halaman tersebut, langsung saja masukkan pertanyaan yang sudah disiapkan. Setelah itu, segera simpan pertanyaan tersebut lalu copy linknya. Disini penyebaran kuesioner sudah bisa dilakukan dengan memberikan link tersebut pada responden.

  1. Di Hp

Cara membuat kuesioner di google form memakai hp juga cukup mudah. Untuk melakukannya, kamu bisa memilih menggunakan aplikasi google form atau menggunakan chrome. Tetapi jika ingin yang instan, akan lebih baik jika memakai chrome.

LIHAT JUGA  Ketahui APK Trading Terbaik, yang Dapat Kamu Manfaatkan

Untuk mulai membuatnya, bukalah chrome terlebih dulu lalu masuk ke docs.google.com/forms. Itu adalah alamat untuk pembuatan google forms secara online. Jika sudah masuk, langsung saja klik ikon “+” yang ada di halaman utama.

Seperti sebelumnya, disini kamu bisa memilih formulir kosong atau template. Sebagai contoh, pilih saja formulir kosong atau “untitled form”. Disini kamu bisa mulai menambahkan pertanyaan yang sudah disiapkan.

Pertanyaannya sendiri bisa bermacam-macam mulai dari kotak centang, pilihan ganda, dan lain sebagainya. Jika pertanyaannya sudah siap, segera simpan dan bagikan kuesioner tersebut. Dengan ini, cara membuat kuesioner di google form memakai hp sudah selesai.

Berbagai Cara untuk Membagikan Kuesioner

Ada banyak orang yang mengaku kesulitan ketika harus membagikan kuesioner. Sebenarnya ada dua cara termudah yang bisa dilakukan untuk menyebar kuesioner. Cara pertama adalah dengan membagikan linknya.

Membagikan link sendiri bisa dilakukan dengan menyalin link lalu mengirimnya secara langsung atau membagikannya melalui email. Selain itu, kamu juga bisa membagikannya melalui embed website. Caranya dengan membua html berisi form tersebut.

Pastikan untuk tidak sembarangan ketika membuat form. Sering kali sifat sembarangan itu dilakukan namun hasilnya mengecewakan. Intinya, pastikan untuk menjalankan cara membuat kuesioner di google form yang dijelaskan di atas.